Tular Nalar Mafindo Akan Menggelar Workshop Literasi Digital Untuk Guru di Maluku



Ambon Bisnis - Tular Nalar Mafindo bekerja sama dengan Maarif Institue dan Love Frankie akan menggelar Workshop Literasi Digital kepada para guru di Maluku yang dibagi dalam 4 batch dengan metode dalam jaringan atau online.


Dalam rilis yang diterima ambonbisnis.com, ditulis waktu dan pelaksanaan workshop literasi digital batch 1 akan dimulai pada tanggal 6 Maret 2021, batch 2 tanggal 13 Maret 2021, Batch 3 Tanggal 20 Maret 2021 dan batch 4 pada tanggal 27 Maret 2021. Narasumber dalam workshop literasi digital yaitu Roesda Leikawa, Mark Ufie dan M.Sahril Salamena.


Workshop ini dibuka untuk Guru SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA se-Maluku dengan tema peningkatan kompetensi literasi digital bagi guru, dimana materi yang disampaikan nanti terkait perkembangan era digital, pentingnya berfikir kritis, kurikulum Tular Nalar dan penerapan kurikulum Tular Nalar.




TULAR NALAR Sebuah Upaya Mengembangkan Critical Thinking Di tengah-tengah berlimpahnya informasi saat ini, kita berhadapan dengan problematika literasi. Berbagai permasalahan muncul akibat rendahnya literasi masyarakat. Hoaks, provokasi, ujaran kebencian, hingga perpecahan di tengah masyarakat pun meningkat eskalasinya. 


Belum lagi masalah kebocoran data, penipuan, kejahatan siber, dan bentuk-bentuk kriminalitas lainnya. Perkembangan teknologi ternyata tidak dibarengi dengan peningkatan level literasi media dan daya berpikir kritis. Inilah yang menjadi penghambat kemajuan kita di tengah kecanggihan teknologi.


Belajar di bangku sekolah, dengan kurikulum biasa saja, tidaklah cukup. Diperlukan terobosan-terobosan baru untuk mengatasi defisit critical thinking di tengah masyarakat yang meluas di segala bidang. Di sinilah Tular Nalar hadir untuk menawarkan salah satu solusi berpikir kritis. 


Tular Nalar menawarkan kurikulum literasi media sebagai sarana mewujudkan latihan-latihan untuk berpikir kritis yang diwujudkan dalam berbagai tools pembelajaran, mulai dari video, website, artikel rubrik, dan lain-lain. Melalui program Tular Nalar, yang meliputi berbagai jenjang, kompetensi literasi media dapat diasah sesuai dengan konteksnya.


Kurikulum literasi media Tular Nalar terdiri dari 8 unit kompetensi, yaitu (1) Mengakses Informasi; (2) Mengelola Informasi; (3) Memproses Informasi; (4) Mendesain Informasi; (5) Berbagi Informasi; (6) Ketangguhan Diri; (7) Perlindungan Data; dan (8) Kolaborasi.


Nah bagi anda para guru khususnya Guru di tingkat SMP dan SMA, jangan ragu untuk ikuti program ini, karena selain mendapat materi yang keren / Ilmu yang bermanfaat, bapak ibu akan mendapatkan E-sertifikat, Sovenir menarik dari Tular Nalar dan tentunya mendapat relasi baru.


Untuk diketahui, target Peserta 200 Guru yang dibagi ke dalam 4 Batch masing-masing 50 orang. Pendaftaran akan ditutup secara otomatis jika kuota 50 orang sudah terpenuhi dan sertifikat dan souvenir hanya diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan secara penuh.


Silahkan daftar di link : http://bit.ly/PelatihanTularNalarMaluku1  NARAHUBUNG :Syahril Salamena (WA: 081310338643), Wellsy Bakarbessy (WA: 082199014857)


(AB001)