Harga Emas Antam Melesat ke Rp974 Ribu per Gram hari ini 24 Februari 2022



AmbonBisnis.com - Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam mendaki ke posisi Rp974 ribu per gram pada Kamis (24/2). Harga emas tercatat naik Rp5.000 dibanding Rp969 ribu per gram pada perdagangan sebelumnya.


Begitu juga dengan harga pembelian kembali (buyback) yang naik Rp5.000 dari Rp876 ribu per gram menjadi Rp881 ribu per gram.


Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp539 ribu, 2 gram Rp1,89 juta, 3 gram Rp2,81 juta, 5 gram Rp4,66 juta, 10 gram Rp9,27 juta, 25 gram Rp23,06 juta, dan 50 gram Rp46,05 juta.


Kemudian, harga emas berukuran 100 gram senilai Rp92,02 juta, 250 gram Rp229,79 juta, 500 gram Rp459,37 juta, dan 1 kilogram Rp918,71 juta.


Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan, pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.


Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX naik 0,15 persen menjadi US$1.913,2 per troy ons. Begitu juga harga emas di perdagangan spot naik 0,15 persen ke US$1.911,9 per troy ons pada pagi ini.


Analis DCFX Futures Lukman Leong memproyeksikan harga emas internasional masih melaju di zona hijau. Kekhawatiran pasar terhadap ketegangan antara Rusia dan Ukraina memberikan sentimen positif untuk komoditas tersebut.


"Krisis di Ukraina, risk aversion investor memindahkan aset berisiko (saham) ke safe haven emas," ujarnya sebagaimana dikutip CNNIndonesia.com.


Ia menambahkan safe haven US treasury tidak menjadi tujuan investor untuk memindahkan aset. Sebab ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Bank Sentral AS, Federal Reserve atau The Fed membuat nilai turun.


Hari ini, Ia meramalkan harga emas internasional berada dalam rentang support US$1.900 per troy ons dan resistance US$1.920 per troy ons.


Kalian punya emas batangan Antam dan sedang ingin menjual emas tersebut? Ingin tahu jual emas cetakan Antam di mana dan apa saja yang perlu diketahui sebelum jual emas?


Sejak dulu emas telah menjadi pilihan favorit masyarakat untuk menyimpan kekayaan. Kini pun tak jauh berbeda, emas seperti emas batangan cetakan Antam menjadi salah satu pilihan populer di masyarakat umum sebagai bentuk investasi maupun tabungan.


Emas yang telah dibeli memiliki keunggulan menjadi salah satu asset yang dapat kalian jual kembali dengan mudah.


4 Hal Wajib Kalian Ketahui Sebelum Menjual Emas

Ada kalanya kamu memerlukan uang lebih dan menjual emas batangan Antam yang kamu miliki jadi opsi yang paling memungkinkan. Sebelum kamu pergi untuk menjual emas, kamu perlu tahu beberapa hal ini:


1. Cek sertifikat dan nota pembelian emas.

Sebelum berangkat pastikan telah menemukan nota pembelian emas lengkap dengan sertifikat emas batangan yang kamu miliki. Ini penting sebagai bukti penguat keaslian emas yang akan kamu jual. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang maksimal untuk setiap gram emasmu.


2. Hindari tes keaslian emas dengan digosok

Umumnya sekarang tes kadar emas dilakukan menggunakan avometer atau X-Ray Fluorescence. Bila tempat yang kamu datangi melakukan tes keaslian emas dengan cara menggosok sebaiknya kamu cari tempat lain saja kecuali jika kamu terpaksa.


3. Cek harga emas terkini

Tidak semua toko emas mau membeli emas dengan harga bagus. Pastikan kamu ketahui harga pasaran emas di hari kamu jual emas kamu sehingga kamu bisa pertimbangkan baik-baik harga yang diberikan untuk emas yang akan kamu jual.


4. Menjual di tempat kamu membeli emas

Kalau memungkinkan cobalah untuk menjual emas di tempat yang sama saat kamu membelinya. Biasanya prosesnya akan lebih mudah dibandingkan bila kamu menjualnya di toko emas yang lain.


Tempat Jual Emas Antam

Ada beberapa tempat jual emas antam yang bisa datangi untuk menjual emas:


1. Kantor Pusat Antam

Emas batangan Antam tentunya akan diterima untuk dijual kembali ke Antam. Kamu bisa coba kunjungi kantor pusat PT Antam yang berada di Jl. Simatupang, Jakarta. Di kantor pusat Antam ini juga terdapat Butik Emas Antam.


Harga jual emas di kantor ini lebih tinggi sedikit dibandingkan Butik Emas Antam lainnya. Otomatis Butik Emas di kantor pusat Antam ini relatif lebih sepi dan nyaman bila kamu ingin menjual emas bantanganmu.


Harga buybacknya sama dengan Butik Emas Antam lainnya yaitu di kisaran 95% dari harga pasar.


2. Butik Emas Antam

Selain melayani pembelian emas batangan, Butik Emas Antam yang tersebar di berbagai daerah juga melayani buyback emas batangan cetakan Antam. Bila kamu menjual emas mu di Butik Emas Antam uang buyback akan ditransfer langsung ke rekening kamu dalam waktu kurang lebih 2 x 23 jam.


3. Bank Syariah

Selain di Pegadaian dan Antam, kamu juga bisa menguangkan emas batangan yang kamu miliki di bank syariah. Beberapa bank syariah memberikan layanan pembelian dan gadai emas.


4. Toko Emas

Toko emas menjadi pilihan terakhir ketika kamu ingin membeli emas. Karena bisa jadi akan lebih ribet prosesnya dan harga yang kita dapatkan mungkin tidak setinggi di tempat lain.


Namun di Toko Emas kamu bisa langsung menerima uang dalam bentuk cash. Pastikan emas batanganmu tidak dites keasliannya dengan cara digosok. (AMB001)

 

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar...karena komentar anda sangat berarti bagi kami...^_^ salam Dari Redaksi