Harga Cengkih di Ambon stabil Rp117.000 Perkilogram

AmbonBisnis.com, AMBON - Setelah sempat menyentuh harga Rp120.000 perkilogram pada pertengahan 2022, komoditas cengkih Maluku kini stabil di Rp117.000 perkilogram.

"Meskipun sudah stabil dalam beberapa bulan terakhir, harga itu bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pasar pembeli kita di Surabaya," ujar pemilik toko hasil bumi Andhal Makmur Jaya, Yohana, di Ambon, Senin.

Menurut Yohana harga Rp117.000 perkilogram itu sudah tergolong bagus untuk petani maupun pengepul sepertinya.

"Sekitar empat tahun lalu pernah anjlok sampai Rp60.000 sampai Rp80.000 perkilogram, mungkin karena sudah beberapa tahun ini nggak musim jadi harganya naik," ucap Yohana menjelaskan.

Pasalnya harga beli komoditas cengkih dari petani sendiri tergantung dengan daya beli pihak eksportir dan pabrik di Surabaya.

Penjual hasil bumi lainnya juga mengutarakan hal yang sama terkait harga cengkih di tokonya.

"Cengkih itu pemakai terbesarnya dari pabrik dan eksportir di Surabaya jadi harga yang kita beli dari petani otomatis bergantung pada permintaan dua pihak tadi," kata Meri di Ambon, Senin.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Poli Jamlean pun membenarkan hal tersebut.

"Patokan harga beberapa komoditi hasil perkebunan Maluku seperti cengkih selama ini mengacu pada mekanisme pasar di Surabaya," tandas Poli. (AB002)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS