Sam Latuconsina Masuk Susunan Komite Pemilihan Kongres Luar Biasa PSSI 2023



Ambonbisnis.com, JAKARTA - PSSI sukses menggelar Kongres Biasa 2023 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/1/2023).


Kongres dibuka oleh Menpora RI, Zainudin Amali. Kongres Biasa PSSI menghasilkan beberapa putusan. Satu di antaranya pengesahan susunan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).


Nama mantan Wakil Wali Kota Ambon Muhamad Armyn Syarif Latuconsina yang akrab disapa Sam masuk dalam susunan KP Kongres Luar Biasa (KLB).


KP dan KBP ini dibentuk sebagai tahapan menuju pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif PSSI periode 2023-2027.


KP akan dipimpin oleh Amir Burhanuddin. Presiden Deltras FC itu bakal dibantu Sudarmadji, Ismu Puruhito, Sam Latuconsina, Aulia Arief, Paska Sembiring, dan Aditya Yando.


Sementara KBP diketuai oleh Gusti Randa. Pria berusia 57 tahun itu akan dibantu tiga anggotanya, yaitu Aven Hinelo, Diego Saputra, dan Joko Tetuko.


Pemilihan jajaran pengurus baru PSSI periode 2023-2027 akan digelar saat KLB pada 16 Februari 2023.


Sebelum KP dan KBP dibentuk, sudah ada dua nama yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum, yaitu Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, dan Menteri BUMN Erick Thohir.


“Hari ini kami akan menyerahkan seluruh berkas tahapan kepada KP dan KBP,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, usai Kongres Biasa PSSI dilansir bola.net.


“Selanjutnya sampai tanggal 16 Februari, tahapan prosesi KLB akan langsung ditangani dan dilaksanakan oleh KP dan KBP,” imbuhnya.


Sebelumnya Menpora RI dalam sambutannya saat membuka Kongres Biasa 2023 mengatakan Mochamad Iriawan berhasil mengatasi kesulitan yang dialami PSSI selama menjabat sebagai ketua umum sejak 2019, terutama saat pandemi Covid-19.


“Di tengah kesulitan yang luar biasa, Bapak Ketum Mochamad Iriawan masih mampu memimpin organisasi ini dan selamat sampai hari ini. Kami memberikan apresiasi pada Bapak Mochamad Iriawan atas pengabdiannya yang luar biasa bersama juga wakil ketua umum dan jajaran Exco,” kata Amali.


Sementara, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada sambutannya mengusulkan setiap tanggal 1 Oktober seluruh kegiatan sepak bola nasional diliburkan.


Seperti diketahui, pada 1 Oktober 2022 terjadi tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang yang merenggut banyak korban jiwa.


“Sebagai respons dan keseriusan kami dalam menyikapi tragedi Kanjuruhan, kami dari PSSI ingin berikan usulan. Usulan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 oktober merupakan hari libur bagi semua kegiatan sepak bola Indonesia. Baik itu turnamen atau kompetisi,” kata Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule. (A1/RED)