Mengantisipasi Krisis Pangan Global Kabupaten SBT Siapkan 1.600 Pohon Sukun

 


AmbonBisnis.com, BULA -  Mengantisipasi krisis pangan global dan untuk meningkatkan ekonomi lokal, Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail canangkan penanaman pohon sukun serentak di 11 Kabupaten Kota yang berlokasi di desa Tengah-tengah Kabupaten Maluku Tengah Selasa (14-02-2023).


Penanaman yang dilakukan secara serempak ini melibatkan seluruh Dinas Pertanian Kabupaten Kota, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), unsur Forkopimda, Penyuluh Pertanian dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikemas dalam bentuk temu sapa lewat virtual. Untuk lokasi penanaman di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) berlangsung di Embung Desa Kampung Wailola Kecamatan Bula.


Dalam temu sapa melalui virtual zoom meating, mewakili Bupati SBT,  Drs. Djafar Kwairumaratu selaku Sekertaris Daerah melaporkan lokasi dan jumlah pohon sukun yang disediakan dari dinas pertanian dan TP. PKK SBT.

 


 "Pohon sukun yang kami siap tanam sebanyak 40 pohon terdiri dari dua jenis yaitu sukun kapas lokal daerah SBT dan satu variasi dari maluku tengah Desa Tengah-tengah, selanjutnya estimasi pohon sukun yang nanti kami tanam di SBT dari 15 kecamatan yang terdiri dari 189 desa ini kami siapkan 17 hektar lokasi dan kami sediakan 1.600 pohon sukun  yang akan di tanam pada daerah kami. Nah untuk hari ini secara simbolis dalam kegiatan pencangan gerakan tanam sukun kami memilih lokasi di Desa Wailola" Jelas Kwairumaratu.


Program pencanangan Tanam sukun  ini guna untuk meningkatkan kemandirian pangan daerah melalui pangan lokal dalam mengantisipasi krisis pangan global serta membatu ekonomi keluarga. Untuk itu Gubernur berharap Walikita dan Bupati dan seluruh pemerintah daerah serta TP-PKK di Provinsi Maluku dapat memperhatikan program tersebut. (AB001).

 

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS