Mobil Listrik Asal China Luncurkan Produknya ke Eropa


AmbonBisnis.com, Jakarta - Startup mobil listrik asal China, Xpeng, meluncurkan dua mobil andalannya ke Eropa. Hal ini dilakukan karena permintaan internasional yang kuat.

Dua mobil yang dikirim Xpeng, sedan P7 dan SUV G9 sudah bisa dipesan di Denmark, Norwegia, Belanda, dan Swedia.

"Peluncuran ini merupakan tonggak penting," ujar Presiden Xpeng Brian Gu, dikutip CNBC, Jumat (3/2/2023).

Xpeng tengah berusaha melawan Tesla di pasar China meskipun masih tertinggal dari perusahaan besutan Elon Musk dalam hal pengiriman. Dengan melakukan ekspansi pasar internasional, Xpeng bisa menjadi pesaing Tesla di pasar yang baru ini.

Xpeng memberi harga sedan P7 di bawah harga Tesla untuk kawasan Denmark, Norwegia, Belanda, dan Swedia. Hal ini berbarengan dengan potongan harga yang diberikan Tesla untuk seluruh pasar.

Meski demikian, Xpeng mengklaim bahwa sedan P7 keluarannya dapat menempuh jarak 576 km dengan sekali pengisian daya. Mobil ini dibanderol 49.990 euro atau sekitar Rp 814,8 juta (kurs Rp 16.299/euro).

Sementara itu, Tesla Model 3 Long Range mengklaim dapat menempuh jarak 602 km dalam sekali pengisian daya. Harganya sekitar 52.990 euro atau sekitar Rp 863,7 juta.

Namun, untuk Xpeng model G9 SUV memiliki harga yang lebih tinggi dibanding Tesla Model Y. G9 SUV keluaran Xpeng diklaim dapat menempuh jarak 570 km dalam sekali pengisian daya. Harganya dibanderol 57.990 euro atau sekitar Rp 945,2 juta.

Sementara itu, untuk Tesla Model Y Long Range diklaim dapat menempuh jarak 533 km. Harganya dibanderol 53.990 euro atau sekitar Rp 880 juta.

Xpeng akan menghadapi persaingan ketat di pasar Eropa. Bukan hanya dengan Tesla, tetapi juga dengan pembuat mobil listrik China serta Eropa.

Saingan Xpeng di China, Nio, telah memasuki pasar Eropa dengan mengirimkan mobilnya ke Norwegia pada akhir 2021. Sementara Xpeng mulai mendorong penjualan di pasar internasional setelah membuka toko fisik di Eropa pada tahun lalu. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS