Ini Raja HP Baru di Indonesia, Yang Lain Silakan Minggir



AmbonBisnis.com, JAKARTA - Oppo menjadi penguasa HP di Indonesia, setidaknya dalam hal pengapalan sepanjang kuartal kedua (Q2) 2023.


Secara keseluruhan pengapalan smartphone di Tanah Air pada Q2 2023 mengalami penurunan.


Berdasarkan laporan riset yang dirilis Counterpoint, pengiriman HP turun 10 persen YoY pada periode April hingga Juni ini, dibanding dengan tahun sebelumnya.


Sepanjang periode tersebut, Oppo berada di posisi teratas di Indonesia dengan pangsa pasar 21%. Sebagian besar pencapaian ini didukung oleh model kelas bawah di seri A17.


Vendor HP asal China ini melanjutkan kampanye pemasarannya yang agresif dan model yang dirilis pada kuartal sebelumnya, seperti seri Reno8 T dan Find N2 Flip,yang membuat merek HP ini mudah ditemui di pasaran.


Samsung berada di posisi kedua dengan market share 19%. Seri Galaxy A04 memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan Samsung.


Di urutan berikutnya ada Vivo dengan 17%, Xiaomi 15%, Realme 11%, Infinix 10%, dan merek lainnya 7%.


Di antara merek HP teratas, hanya Infinix yang mengalami peningkatan pengiriman, sebesar 17% YoY.


Infinix kini berfokus pada band harga kurang dari US$200 (Rp 3juta), dan menawarkan spesifikasi yang lebih baik dalam modelnya.


Selain itu, perusahaan juga agresif melakukan aktivitas pemasarannya untuk meningkatkan kesadaran dan visibilitas merek tersebut.


Produk-produknya yang baru diluncurkan, seperti seri Note 30, seri Hot 30, dan seri Smart 7, memberikan kontribusi volume yang signifikan terhadap keseluruhan pengiriman merek tersebut.


Bicara soal 5G, pengiriman smartphone 5G di kisaran harga kurang dari US$400 (Rp 6 juta) meningkat 11% YoY di Q2.


Vendor smartphone utama di segmen ini termasuk Samsung dengan seri Galaxy A14 5G, A23 5G dan A34 5G dan Xiaomi dengan seri Redmi Note 12. Seri iQOO Z7 5G menjadi pendatang baru juga bergabung di segmen ini. (AB001)


Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS