Mau Jadi CPNS Sipir Penjara? Gaji Tembus Rp 6 Juta



Ambon Bisnis, JAKARTA - Pembukaan pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN), baik untuk CPNS maupun PPPK akan dimulai pada 20 September 2023. Berbagai instansi pun telah mengumumkan kebutuhan formasi hingga total penghasilan yang akan diterima calon pelamar.


Dikutip dari sscasn.bkn.go.id, formasi CASN 2023 telah dibuka mulai dari kebutuhan tingkat pendidikan SLTA atau SMA sederajat. Jenis pengadaannya pun ada yang untuk kategori CPNS, seperti yang dibutuhkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).


Untuk jenjang pendidikan SLTA atau SMA sederajat, Kemenkumham membuka formasi CPNS jabatan penjaga tahanan atau sipir penjara, baik pria maupun wanita di berbagai kantor wilayah. Rentang penghasilan bagi yang berhasil lolos seleksi akan berada di kisaran Rp 5,71 juta hingga Rp 6,26 juta.


Selain Kemenkumham, Kejaksaan Agung juga membuka lowongan untuk formasi CPNS Penjaga Tahanan, rentang pendapatan yang ditawarkan Rp 5,66 juta sampai dengan Rp 7,06 juta, demikian juga untuk jabatan klerek - pengelola penanganan perkara.


Untuk jenjang pendidikan tingkat itu, juga bisa mendaftar sebagai PPPK Teknis di berbagai pemerintahan daerah atau Pemda hingga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) untuk jabatan Petugas Lapangan Keluarga Berencana. Pendapatan yang ditawarkan Rp 2,51 juta sampai Rp 6,74 juta.


Tampilan untuk pendapatan per formasi ini memang terbilang baru dihadirkan BKN dalam website sscasn.bkn.go.id. Pada tahun-tahun sebelumnya, hanya menampilkan jabatan, intansi, unit kerja, hingga jumlah kebutuhan.


Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menjelaskan, tampilan baru ini disediakan demi mengantisipasi peserta CASN mengundurkan diri dengan alasan jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan atau penghasilan yang didapat tidak sesuai ekspektasi.


"Ada sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi, salah satunya menyangkut ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar. Untuk itu BKN akan menyediakan keterangan rincian informasi setiap jabatan pada formasi yang dilamar," kata Haryomo dikutip Selasa (19/9/2023).


Sebagai informasi, pada tahun ini pemerintah membuka 572.496 formasi untuk ASN. Formasi tersebut diperuntukkan kepada 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN.


Total formasi CASN di pemerintah pusat itu terdiri dari kebutuhan sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. Adapun, di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.


Jadwal pendaftaran seleksi CASN 2023 pun telah ditetapkan mulai 20 September 2023, mundur dari jadwal awal pada 17 September 2023. Lalu seleksi administrasi dilakukan pada 20 September hingga 12 Oktober 2023. (AB001)


Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS