8 Tips Mudah Menurunkan Berat Badan setelah Lebaran



AmbonBisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi beragam hidangan khas Lebaran tentu sangat menyenangkan. Umumnya makanan yang paling dinantikan adalah kue kering dan makanan berlemak.


Ketika Lebaran berakhir, tidak jarang kita menemukan adanya penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara membakar lemak tubuh yang mudah dan dapat dilakukan.


Berikut paparannya dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2024).


1. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Otak kita membutuhkan waktu untuk memproses informasi bahwa kita sudah cukup makan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh dapat membuat Anda makan lebih lambat. Hal ini mampu menurunkan asupan makanan.


2. Makan Menggunakan Piring Kecil

Ukuran piring ternyata bisa mempengaruhi sebanyak apa makanan yang Anda konsumsi. Sebuah studi yang dilakukan Cornell University di Amerika Serikat mengungkap bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan.


Hal ini terjadi karena saat makan di piring kecil, otak akan menerima isyarat visual bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. Karena itu, usahakan pakai piring berukuran kecil saat mengambil makanan, ya!


3. Jangan makan sambil menonton televisi

Makan sambil menonton film atau series favorit memang menyenangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak bagus untuk tubuh Anda, lho! Makan sambil menonton televisi bisa mengganggu konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh. Karena itu, berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang Anda santap supaya berat badan tetap terjaga.


4. Hindari Stres

Ketika stres, seseorang akan cenderung lebih banyak makan karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang mampu meningkatkan nafsu makan. Biasanya, makanan yang dikonsumsi ketika stres adalah makanan-makanan yang tidak sehat.


Jika Anda dalam kondisi stres, atasi dengan melakukan kegiatan yang disukai, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi dan yoga.


5. Kurangi Asupan Gula dan Junk Food

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi ketika Anda sedang menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebih dapat mengganggu kesehatan tubuh. Anda juga harus mengurangi makanan-makanan junk food karena mengandung lemak jenuh.


6. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Normalnya, tubuh manusia terdiri dari 60% air. Ini berarti, air berperan penting bagi fungsi tubuh. itulah mengapa Anda tidak boleh membiarkan tubuh dehidrasi. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik untuk membakar lemak tubuh.


Minum air putih bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan sistem metabolisme. Maka dari itu, disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum Anda mulai makan.


7. Jangan begadang

Kekurangan waktu istirahat bisa menyebabkan seseorang menjadi cepat lelah dan tidak bertenaga, sehingga enggan untuk beraktivitas dan berolahraga. Kurang tidur juga bisa memicu produksi ghrelin, hormon yang menimbulkan rasa lapar. Maka dari itu, jika Anda sedang menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mencukupi waktu tidur, yakni 7-9 jam per hari agar berat badan tetap terkontrol.


8. Minum Air Putih Yang Cukup dan Teratur

Minum air mineral dapat membantu Anda mengkonsumsi makanan lebih sedikit sehingga mampu membantu menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminum air mineral sebelum makan. Sebuah studi pada orang dewasa mengemukakan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan bisa bantu mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.


Pada penelitian tersebut, peserta yang meminum air mineral sebelum makan bisa menurunkan 44 persen lebih banyak berat badan dalam periode 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak menerapkan cara mengecilkan perut ini. (AB001)


Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS