Arus Balik 2024: Lebih dari 4.700 Kendaraan Roda Dua Masuki Kota Ambon





AmbonBisnis.com, AMBON - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Maluku mencatat lonjakan arus kendaraan roda dua yang masuk ke Kota Ambon pada H+5 arus balik tahun 2024. Sebanyak 4.785 kendaraan roda dua terdeteksi memasuki Kota Ambon dalam periode tersebut, demikian diungkapkan oleh Kepala BPTD Maluku, Hasan Bisri, dalam keterangan kepada media di Ambon pada hari Selasa.

Hasan Bisri menjelaskan bahwa pemantauan arus lalu lintas, atau yang dikenal sebagai traffic counting (TC), dilakukan selama delapan jam di ruas Jalan Lampu Lima (Bawah JMP) arah dari luar kota menuju Kota Ambon. Pemantauan dilakukan di Pos Pengawasan dan Pemantauan Lalu Lintas Lampu Lima dengan tujuan untuk mengamati fluktuasi arus lalu lintas pada periode 15 April 2024.

Dari hasil pemantauan tersebut, terlihat bahwa kendaraan sepeda motor mendominasi komposisi arus lalu lintas sepanjang periode pemantauan, mulai dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIT. Rinciannya mencatat 4.785 sepeda motor, 1.249 mobil pribadi, 908 mobil angkutan kota, 133 mobil pikap, dan 71 truk.

"Kendaraan roda dua mendominasi, mungkin karena banyak pengendara yang merasa lebih efisien dan cepat menggunakan sepeda motor," jelasnya.

Bisri menambahkan bahwa berdasarkan pemantauan langsung di lapangan, pelayanan dan penyelenggaraan angkutan penyeberangan terlihat tertib dan lancar. "Kondisi masih aman dan lancar, berjalan dengan tertib. Kami berharap agar kondisi ini tetap terjaga untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," harapnya. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS