Info CASN 2024: Bawaslu Buka 18.557 Formasi Tahun Ini




AmbonBisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan lampu hijau bagi Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk membuka 18.557 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini. Keputusan ini merupakan persetujuan penuh dari pemerintah terhadap usulan yang diajukan oleh Bawaslu.

Menurut Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, dari total formasi tersebut, sebanyak 1.984 adalah untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sementara 16.573 lainnya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Formasi ini mencakup posisi-posisi vital yang mendukung fungsi pengawasan Bawaslu, seperti analis hukum, analis pengawasan, dan auditor.

Anas juga menyoroti pentingnya rekrutmen ini sebagai peluang bagi honorer atau tenaga non-ASN yang telah lama berdedikasi di lingkungan Bawaslu untuk menjadi ASN. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam menata struktur tenaga kerja non-ASN sesuai arahan Presiden.

Momentum rekrutmen ini diharapkan dapat memperkuat kinerja Bawaslu, terutama mengingat tantangan besar yang akan dihadapi dalam pemilihan kepala daerah serentak di seluruh Indonesia. Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, menyambut baik keputusan pemerintah dan menyampaikan apresiasi atas persetujuan tersebut.

Bagja menegaskan bahwa salah satu fokus rekrutmen ini adalah untuk mendatangkan para fresh graduate yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi (IT) guna memperkuat aspek pengawasan Bawaslu di era digital. Lima besar formasi yang akan direkrut di Bawaslu meliputi analis hukum, IT, analis pengawasan, analis peraturan perundang-undangan dan kebijakan publik, serta auditor.

Dengan dibukanya rekrutmen ini, diharapkan Bawaslu dapat semakin meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam menjalankan tugas pengawasan, khususnya dalam menyongsong pemilu serentak di lebih dari 500 daerah di Indonesia, yang merupakan tantangan besar dalam sejarah demokrasi Tanah Air. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS