10 Kebiasaan yang Membuat Sulit Kaya yang Harus Dihindari



AmbonBisnis.com, - Ada berbagai cara untuk membuat diri menjadi kaya raya. Namun, sebaliknya, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat keinginan tersebut sulit terwujud. Menariknya, ini bukan hanya tentang bagaimana bijak dalam menggunakan uang. Terkadang, sulit menjadi kaya juga bisa terjadi karena Anda mengabaikan beberapa hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah 10 kebiasaan yang membuat sulit kaya dan jangan sampai Anda lakukan, yang telah dirangkum oleh CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Minggu (26/5/2024):

1. Mengabaikan Kesehatan
   Kesehatan adalah modal penting untuk bisa kaya. Jika Anda tidak sehat, tubuh akan cepat lelah, kurang produktif, lebih stres, dan rentan sakit. Bagaimana Anda bisa fokus untuk menjadi kaya jika harus berjuang mengatasi masalah kesehatan juga?

2. Banyak Utang
   Banyak utang akan mengganggu keuangan Anda. Pastikan untuk melunasi tiap utang berbunga tinggi dan, kalau bisa, hindari berutang setelah semua urusan tersebut selesai.

3. Tidak Sadar dengan Pengeluaran Kecil
   Menghabiskan uang dalam jumlah kecil mungkin terasa biasa saja. Anda mungkin berpikir pengeluaran Rp 20 ribu per hari tidak berdampak pada isi dompet. Namun, kebiasaan kecil ini dapat menjauhkan Anda dari kata 'kaya'. Perhatikan kebutuhan dan tahan diri untuk membeli hal-hal kecil yang tidak perlu.

4. Ikutan Gaya Hidup Orang Lain
   Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan mengikuti gaya hidup orang lain jika keuangan Anda tidak bisa mendukungnya. Mengikuti gaya hidup orang lain hanya akan memperburuk kondisi keuangan Anda.

5. Sering Membuat Alasan
   Jangan sering membuat alasan untuk berbuat seenaknya dengan keuangan sendiri. Misalnya, alasan untuk menikmati hidup dapat membuat Anda terus bersenang-senang dan tidak menabung atau berinvestasi.

6. Selalu Berpikir Negatif
   Pikiran negatif akan membuat Anda kesulitan. Ingat, orang yang sukses bisa melihat sisi positif dalam keadaan negatif. Orang dengan pikiran negatif akan sulit mencoba hal baru karena mereka hanya memikirkan risiko terburuknya saja.

7. Malas
   Jangan pernah malas jika ingin kaya. Anda harus bekerja keras dan berusaha dengan keras untuk meraih sesuatu.

8. Terlalu Lama Meratapi Kegagalan
   Kegagalan harusnya bisa memicu untuk bisa sukses. Jangan meratapi kegagalan yang terjadi. Jika Anda gagal dalam sesuatu, belajarlah dari kesalahan dan lanjutkan hidup.

9. Bergaul dengan Orang yang Salah
   Teman juga bisa menjadi penentu kesuksesan. Pilih teman dengan seksama dan hindari orang bermasalah. Bertemanlah dengan mereka yang optimis, motivatif, dan mendukung. Seperti yang diungkapkan oleh penulis Thomas Corley, "Dalam hidup, Anda hanya akan sukses jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat."

10. Tidak Memiliki Rencana Masa Depan
    Anda akan membuang banyak kesempatan jika tidak memiliki rencana masa depan. Rencanakan masa depan agar bisa menghadapi situasi dan dampak yang terjadi hari ini.

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, Anda bisa lebih dekat menuju impian menjadi kaya raya. Selalu ingat bahwa perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat memberikan dampak besar pada kondisi keuangan Anda. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel