Indonesia Tertinggal Jauh dalam Kecepatan Internet Global, Teknologi Baru Starlink Masuk Pasar



AmbonBisnis.com, AMBON - Data terbaru dari Speedtest Global Index menunjukkan bahwa kecepatan rata-rata internet di Indonesia masih tertinggal jauh dari rata-rata global pada kuartal pertama tahun 2024. Baik untuk layanan seluler maupun fixed broadband, Indonesia terpuruk di peringkat 100 ke atas, dengan peringkat yang lebih rendah dari bulan Desember 2023.

Menurut data dari Speedtest Global Index, pada kuartal pertama tahun 2024, Indonesia berada pada peringkat ke-103 di dunia untuk kecepatan rata-rata internet koneksi mobile, dengan kecepatan unduh sebesar 25,83 Mbps dan unggah 12,54 Mbps, serta latensi 26 milidetik (ms). Sedangkan untuk fixed broadband, Indonesia berada pada peringkat ke-128 dengan kecepatan unduh dan unggah masing-masing sebesar 29,37 Mbps dan 18,04 Mbps, dengan latensi 7 ms.

Jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Qatar dan Singapura, kecepatan internet Indonesia terlihat jauh tertinggal. Qatar menempati peringkat pertama dengan kecepatan rata-rata internet mobile sebesar 313,30 Mbps, sementara Singapura memiliki kecepatan rata-rata internet fixed broadband sebesar 284,13 Mbps.

Namun, dalam perkembangan terbaru, teknologi baru bernama Starlink telah resmi masuk ke pasar Indonesia pada Mei 2024. Teknologi satelit milik Elon Musk ini diklaim mampu memberikan kecepatan unduh antara 25 hingga 220 Mbps, dengan sebagian besar pengguna melaporkan kecepatan di atas 100 Mbps. Layanan Starlink juga diklaim memiliki latensi berkisar antara 25 hingga 60 mdtk di darat. Meskipun demikian, kecepatan sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada lokasi, waktu, dan prioritas pengguna.

Harga langganan Starlink bervariasi, mulai dari Rp750.000 hingga Rp86,13 juta per bulan, tergantung pada jenis layanan yang dipilih dan lokasi pengguna. Starlink dirancang untuk memberikan akses internet berkualitas tinggi di seluruh dunia, terlepas dari kondisi cuaca, dan merupakan alternatif bagi masyarakat yang menginginkan koneksi internet yang lebih cepat dan andal. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel