Smart Air Resmi Layani 11 Rute Subsidi di Maluku: Terhubungnya Ambon dengan Banda Neira, Wahai, dan Kisar



AmbonBisnis.com, AMBON – PT Smart Cakrawala Aviation telah resmi terpilih oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk menjalankan program penerbangan subsidi angkutan udara perintis penumpang di wilayah Langgur pada tahun 2024. Penunjukan ini dikukuhkan melalui penandatanganan kontrak subsidi angkutan udara perintis untuk 11 rute di wilayah tersebut pada hari Senin (3/6).

Dalam pernyataan kepada wartawan, General Manager Bandara Pattimura Ambon, Shively Sanssouci, menjelaskan bahwa Bandara Pattimura Ambon juga akan berperan penting dalam melayani tiga dari sebelas rute penerbangan subsidi ini. Ketiga rute tersebut adalah Ambon - Banda Neira, Ambon - Wahai, dan Ambon - Kisar, yang masing-masing akan dilayani dengan penerbangan pulang-pergi dua kali seminggu.

“PT Smart Cakrawala Aviation akan menggunakan pesawat single engine jenis Cessna Caravan C208B yang memiliki kapasitas 12 penumpang untuk melayani rute-rute penerbangan ini. Kami yakin dengan kapasitas dan pengalaman maskapai ini, layanan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Maluku,” ungkap Shively Sanssouci.

Program penerbangan subsidi perintis ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan konektivitas bagi masyarakat Maluku, terutama di wilayah-wilayah yang masuk dalam kategori 3T (tertinggal, terluar, terdepan), serta daerah perbatasan. "Dengan adanya program ini, diharapkan Pemerintah Provinsi Maluku dapat memanfaatkan penerbangan subsidi dari pemerintah ini dengan menjamin keterisian penumpang 100 persen, sehingga manfaatnya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat Maluku," tambah Shively.

Lebih lanjut, Shively menyatakan harapannya bahwa penerbangan perintis ini tidak hanya akan meningkatkan aksesibilitas tetapi juga minat masyarakat untuk menjelajahi daerah perintis di Maluku. “Kami berharap program ini dapat mendorong minat para pengguna jasa untuk mengeksplorasi daerah-daerah perintis di masa depan, sehingga dapat meningkatkan antusiasme dan ketertarikan terhadap wilayah di sekitar Provinsi Maluku,” tuturnya.

Bandara Pattimura Ambon berkomitmen penuh untuk mendukung program pemerintah yang bertujuan memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku. "Kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam setiap inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat di Maluku," tutup Shively.

Program subsidi angkutan udara perintis ini diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di wilayah-wilayah terpencil dan terluar di Maluku, serta menjadi pendorong bagi pembangunan wilayah tersebut. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel