Jual Sayuran Online, Petani Hidroponik Ambon Bertahan di Tengah Pandemi

 


AmbonBisnis.com, Ambon - Suka tidak suka, penyebaran pandemi wabah  virus corona Covid-19 membuat banyak waktu saat ini lebih banyak dihabiskan di rumah. Lalu, kondisi saat ini juga mendorong gaya hidup dengan pola makanan sehat dan segar semakin diminati.


Kedua hal itu belakangan jadi pemicu tren berkebun sayur di lahan rumah semakin banyak dengan metode  hidroponik. Selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi, pertanian hidroponik juga telah menjadi tren bisnis pertanian modern.


Seperti yang telah dilakukan oleh Parman, 30 tahun, di Dusun Hulung Kec. Leihitu Kabupaten Maluku Tengah,  yang berhasil menjalani bisnis produk pertanian berbasis teknik hidroponik di pekarangan rumahnya dan memasarkannya secara online.


Pria yang menggeluti pertanian hidroponik yang baru 4 bulan itu mengaku ide bisnis tersebut datang dari pengamatan dirinya terhadap kondisi di sekitar tempat tinggal.


“Awalnya dapat info dari teman ayah saya, kemudian saya searching di youtube setelah itu saya melihat pekarangan rumah yang kosong dan akhirnya memutuskan untuk mengembangkan bisnis ini,” ujar Parman kepada AmbonBisnis.com, Selasa (9/2).


Saat ini terdapat 5 jenis sayuran yang ditanam Parman di green house seluas 6x12  meter, mulai dari sayur sawi, Packcoy, bayam, selada merah dan selada. Sayuran itu ditanam pada 1.400 lubang hidroponik.


Sayuran Hidroponik (Parman)


Untuk penjualan, Parman mengandalkan penjualan secara langsung dan via online, khususnya lewat facebook dan WhatsApp. Secara langsung sayuran segar ini dipasok ke beberapa swalayan di kota Ambon, sedangkan di pasar belum pernah dijual.


“Untuk pasar pasti kurang diminati karena faktor harga. Sebab didalam pasar sayur yang sama harganya pasti berbeda jauh,” ungkapnya.


Parman menjual satu pak sayuran hidroponik dengan harga Rp 10 ribu untuk semua jenis sayuran. Untuk siklus panennya tergantung pesanan.


“Jika ada permintaan sayur, baru saya panen.  Namun ketika saatnya panen maka saya harus mencari lagi pasarannya,” jelasnya.


Untuk diketahui apa itu sayuran hidroponik? Dikutip dari laman hallosehat.com bahwa Sayuran hidroponik adalah sayuran yang tumbuh dengan bantuan cairan yang mengandung mineral yang diperlukan oleh sayuran untuk tumbuh. Berbeda dengan sayuran lainnya yang membutuhkan tanah untuk tumbuh, tanaman hidroponik hanya membutuhkan air bermineral untuk tumbuh. Air yang digunakan untuk menanam sayuran ini pun bisa didaur ulang.


Karena tanaman hidroponik sangat dijaga cara dan tempat penanamannya, serta tidak membutuhkan tanah, maka sayuran hidroponik tidak perlu penggunaan pestisida untuk melindunginya dari serangan hama serangga. Jadi, kebanyakan produk tanaman hidroponik adalah juga organik.


Nah, bagi anda yang berada di Kota Ambon dan sekitarnya jika ingin membeli sayur hidroponik dapat menghubungi Sdr Parman di nomor WhatsApp : 0852-4370-0540 Jika pesan disini, maka pesanan anda siap diantar ke rumah. (AB001)

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar...karena komentar anda sangat berarti bagi kami...^_^ salam Dari Redaksi