Penghobi Cupang Makin Banyak, Cupang Ambon Community Akan Menggelar Pameran dan Latber Cupang Hias Ambon 2021

 


AmbonBisnis.com, Ambon - Sejak awal Covid-19 menjadi pandemi global, banyak masyarakat yang beraktivitas lebih banyak di rumah. Tak terkecuali masyarakat Kota Ambon. Selama di rumah, banyak kalangan yang memilih menekuni hobi. Salah satu kegiatan yang asyik dilakukan adalah memelihara ikan cupang (Betta Sp).


Tak pelak, sejak awal pandemi sampai sekarang ini, penghobi pelihara ikan cupang meningkat di Kota Musik. Bahkan, sampai lahir Cupang Ambon Community yang dibentuk pada tahun 2020 lalu.


Salah satu anggota komunitas, Nenno mengatakan, komunitas ini sudah memiliki anggota sekitar 30 orang. Mereka semua memiliki hobi yang sama yakni memelihara ikan cupang.


“Karena hobi dan ada beberapa keunikan yang perlu dikenal dari ikan ini maka kami tergerak untuk menggelar pameran dan Latber Cupang Hias Ambon 2021 kepada masyarakat kota Ambon yang rencanyanya diselenggarakan pada tanggal 12-14 Maret 2021 yang berlokasi di Maluku City Mall (MCM),” kata Nenno kepada AmbonBisnis.com Selasa, (9/2).


Nenno menjelaskan, para peserta dibatasi tidak lebih dari 200 slot, dan untuk peserta pameran 16 slot dengan jumlah per slot 30 ekor ikan. “Jadi kontes ini juga dalam rangka meningkatkan sumber daya ikan dan penyaluran hobi ikan cupang hias. Latihan bersama ini ada level lokal, regional, dan nasional. Nah kegiatan ini masih dilevel lokal,” paparnya.


Rapat panitia persipan Pameran dan Latber Cupang Hias Ambon 2021 di warung Papa Love Jl. Jendral Sudirman Ambon Selasa, (9/2) - Redaksi 


Untuk penjurian dalam Latber ini jurinya berasal dari internal komunitas berjumlah 5 orang juri dari Ambon, Latber ikan cupang ini dinilai dari sisi tampilan dan bentuknya. “Jurinya berasal dari Ambon yaitu teman-teman komunitas, rencananya setelah 3 kali Latber baru kita buat kontes regional, nah jurinya nanti diambil dari juri resmi IBC,” jelasnya.


Jenis ikan cupang yang dikonteskan nanti yaitu ikan cupang jenis Half Moon, Plakat, Crown Tail dan Giant. “Jadi dari 4 jenis ikan tersebut masing-masing jenis masih ada lagi turunannya,” bebernya.


Sebelum bertanding, para peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan harus dalam kondisi sehat. Seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.


“Peserta yang mendapatkan juara 1 best of division akan mendapatkan trofi dan uang tunai sejumlah Rp 200 ribu, dan juara 1 best of show akan mendapatkan trofi dan uang tunai Rp 300 ribu,” tuturnya.


Bagi anda yang ingin mengikuti kegiatan ini bisa langsung menghubungi panitia pelaksana di nomor : 081243390030 (Nenno), 089684166464 (Anjas), 081254740758 (Rowbend) dan 081343357525 (Teguh). (AB001)

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar...karena komentar anda sangat berarti bagi kami...^_^ salam Dari Redaksi