Tips Renovasi Rumah Biar Makin Betah dan Bahagia di Rumah Aja


Ambon Bisnis -- Sejak pandemi berlangsung, hampir bisa dipastikan kita menghabiskan banyak waktu berada di rumah saja. Fungsi rumah pun berkembang menjadi tempat bekerja, belajar, dan beribadah. Alhasil banyak cara dilakukan supaya Anda lebih betah dan tidak bosan ketika di rumah, seperti merenovasi tata letak furnitur, mengganti cat tembok, hingga membeli dekorasi kekinian.  

Namun, menata atau menghias saja tidak cukup. Hunian Anda bisa saja mengalami persoalan berat, seperti bocor, banjir, lantai/dinding retak dan lain sebagainya. Artinya, Anda perlu melakukan perbaikan dan renovasi material atau bentuk bangunan rumah.  

Renovasi rumah juga dibutuhkan ketika usia rumah sudah tergolong tua, misalnya lebih dari 15 tahun. Umumnya, kekuatan atau ketahanan kondisi bangunan akan mengalami pelemahan atau rusak seiring dengan bertambahnya tahun. 

Anda juga bisa melakukan renovasi rumah dengan tujuan menambahkan fungsi baru, seperti membuat taman, kolam renang, membangun garasi, kamar di lantai 2, atau membuat mini teras di lantai 3, dan sebagainya. 

Bagi Anda yang tertarik merenovasi rumah supaya lebih betah dan bahagia saat di rumah aja tetapi bingung harus mulai dari mana, simak tips renovasi rumah dari Cermati.com berikut ini:

1. Tentukan Jenis Renovasi Rumah

Diskusikan dengan pasangan atau keluarga, renovasi rumah seperti apa yang dibutuhkan? Secara umum, renovasi rumah terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  1. Renovasi ringan: mengganti warna cat, pintu/kusen, keramik lantai, memperbaiki listrik/air dan sebagainya.
  2. Renovasi sedang: meninggikan lantai rumah, menambah atau memperbaiki kamar/teras/ garasi, membangun lantai tingkat dan sebagainya.
  3. Renovasi total: mengubah total bangunan lama, membuat dak, mengganti atap dan sebagainya.  

Contoh, Anda berencana untuk melakukan renovasi total karena bangunan rumah sudah tua (usia bangunan lebih dari 15 tahun), terlalu banyak yang perlu diperbaiki sehingga akan lebih baik dan hemat untuk mengubah total.

2. Riset, Temukan Desain Rumah Idaman Anda

Setelah mengetahui jenis renovasi rumah Anda, selanjutnya adalah melakukan riset sederhana untuk menemukan desain rumah impian atau idaman Anda dan keluarga. Caranya mudah, Anda bisa mencari inspirasi dan referensi dari internet atau media sosial.

Saat ini, desain rumah berkonsep minimalis dan fungsional paling diminati di Indonesia. Apabila Anda tertarik memiliki rumah minimalis dengan gaya kekinian yang instagrammable. Carilah inspirasi dari internet, ketik kata kunci seperti ‘desain rumah minimalis’, ‘rumah minimalis instagrammable, atau ‘rumah minimalis mewah’.

3. Cermat Pilih Jasa Renovasi Rumah Agar Hasil Maksimal

Langkah selanjutnya adalah langkah yang krusial, yaitu memilih jasa renovasi rumah atau jasa tukang bangunan. Anda bisa mencari jasa renovasi rumah melalui online atau offline (rekomendasi dari kerabat/tetangga).

Carilah informasi selengkap-lengkapnya terkait jasa renovasi rumah atau tukang bangunan tersebut. Cobalah konsultasi dulu dan komunikasikan dengan jelas kepada jasa renovasi tersebut seperti desain rumah yang Anda inginkan, bujet yang Anda miliki, jenis material bangunan yang akan dipilih, sistem renovasi (borongan atau harian), dan lain sebagainya.

Siapkan Biaya Renovasi Rumah

Biaya renovasi rumah bisa dibilang tidak murah, apalagi Anda memilih material bangunan berkualitas dan melakukan renovasi total dengan desain khusus. Namun, jangan pernah ragu untuk memilih material bangunan yang terbaik karena hal ini bisa dihitung sebagai investasi jangka panjang.

Pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan jasa renovasi/tukang bangunan supaya Anda mengetahui kisaran biaya yang diperlukan. Menyoal biaya renovasi, sebaiknya jangan dipatok pas, selalu siapkan dana tambahan guna meng-cover biaya-biaya tambahan lainnya.

Lalu bagaimana jika kondisinya Anda ingin renovasi rumah tetapi uangnya belum cukup?

Tak perlu menunda renovasi rumah karena terkendala biaya. Terlebih jika kondisinya genting, misalnya rumah sering bocor, banjir, dan masalah lainnya sehingga membuat Anda menjadi tidak betah di rumah.

Salah satu solusi yang bisa dipilih adalah memanfaatkan Kredit Serba Guna dari J Trust Bank. Caranya mudah, cukup dengan menjaminkan sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar, suku bunga 12,5% per tahun dengan jangka waktu pinjaman sampai dengan 10 tahun.

Persyaratan dokumen pengajuan pinjaman mudah dan prosesnya cepat. Selain buat biaya renovasi rumah, pinjaman tersebut dapat digunakan untuk semua kebutuhan, seperti biaya pernikahan, pendidikan, modal usaha, hingga berobat.

Renovasi, Ciptakan Rasa Betah di Rumah Aja  

Bayangkan, Anda tinggal di rumah yang telah direnovasi dengan desain yang Anda telah pilih. Pastinya, Anda dan keluarga akan lebih betah stay at home. Rasa betah tersebut akan membuat Anda secara tak langsung menjadi lebih produktif, lebih rajin bersih-bersih dan merawat rumah baru Anda. So, jangan ragu untuk renovasi rumah.

Sumber : cermati.com

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar...karena komentar anda sangat berarti bagi kami...^_^ salam Dari Redaksi