8,5 Ton Pala Maluku di Ekspor ke Belanda

 

AmbonBisnis.com- Ambon, Sebanyak 8,5 ton pala asal Maluku menembus pasar Eropa. Nilai ekspor perdana oleh PT. Kamboti Rempah Maluku (KRM) mencapai Rp 1,8 milar.


Ekspor hasil perkebunan ini dilepas oleh Plt Sekretaris Daerah Maluku Sadli Ie di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (29/1/2022).


Menurut Sadli, Maluku memiliki komoditas unggulan yang luar biasa. Tak hanya di sektor perkebunan, tapi juga komoditas perikanan dan kehutanan.


“Kemarin kita sudah lima kali ekspor Damar. Nah ini andalan kita lagi mulai muncul. Kita melakukan suatu diversifikasi lokasi ekspor untuk pasar Eropa,” kata Sadli.


Ekspor dari pelabuhan Ambon merupakan sebuah prestasi atas sinergitas yang dibangun bersama. “Mudah-mudahan ini dapat kita dorong. Sinergitas kita bangun demi mewujudkan visi pemerintah. Yaitu Maluku yang terkelola secara jujur bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan, berdaulat atas gugusan kepulauan,” katanya.


Sadli mengajak semua pihak untuk dapat bersama mendorong seluruh masyarakat agar dapat memenuhi persyaratan ekspor yang dipersyaratkan oleh negara tujuan. Sebab, peluang pasar ekspor sangat luas. Sehingga dia berharap mampu berinovasi dan mencari peluang-peluang ekspor ke negara-negara lain.


“Semoga kegiatan ekspor hari ini dapat mendorong semangat. Terutama bukan saja para petani pala atau komoditas lainnya. Tapi paling utama adalah seluruh pemangku kepentingan. Terutama dari Bea Cukai Ambon yang selalu mendampingi, memberikan support kepada para eksportir,” katanya. (AB)