Merangsang Pertumbuhan Ekonomi HKTI SBT Gelar Curhat Bersama Petani



AmbonBisnis.com, BULA - Pengurus DPK Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Bula Barat pada Sabtu, (25/02/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka pendampingan sekaligus curhat bersama para kelompok tani yang ada di  Negeri Administratif Waiketam Baru dan Negeri Administratif Dreamland Hills.

“Tujuan kami bersilaturrahmi, dimana kami juga mendampingi mereka untuk mengklasifikasi masalah yang dihadapi para petani" Ungkap Ketua HKTI Kab. SBT, Talimuddin Rumaratu, M.Si. kepada media ini, Minggu (26/02/2023).

Lanjut Rumaratu, selain silaturahmi kehadiran HKTI sekaligus untuk menggali hal-hal menarik untuk dikembangkan dan juga bagian dari sarana edukasi guna mengubah citra pertanian menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

“Bagi saya, petani ini profesi yang sangat istimewa, selain dampaknya terhadap ekonomi keluarga, ini juga dapat memenuhi kebutuhan pangan lokal dan yang paling penting adalah mampu memberikan rangsangan bagi tumbuhnya ekonomi di SBT". Ungkap Rumaratu.

Namun katanya, Banyak dari petani mengeluhkan soal kebutuhan pertanian, sehingga ini menjadi hambatan terbesar petani untuk mengembangkan usaha mereka.

"Kemarin kita diskusi, mereka keluhkan soal bibit tanaman, pupuk dan alat-alat pertanian, yang saya lihat mereka memiliki antusias dan semangat, sehingga itu kami akan berusaha membantu komunikasikan dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong usaha pertanian mereka" sebutnya.

Dalam kunjungan tersebut, pengurus DPK HKTI Kab. SBT juga turut menyalurkan bantuan alat-alat pertanian bagi kelompok tani Dreamland Hills yang diterima langsung oleh sekretaris Negeri Administratif Dreamland Hills, Ketua BPNA, Kepala Dusun dan Ketua RT setempat. (AB001)


Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS