PeduliLindungi Akan Bertransformasi Menjadi SatuSehat Mobile pada 28 Februari 2023



AmbonBisnis.com, JAKARTA - Jika sesuai rencana, besok menjadi hari terakhir aplikasi PeduliLindungi. Kementerian Kesehatan mengungkap bahwa aplikasi PeduliLindungi akan bertransformasi menjadi SatuSehat Mobile pada 28 Februari 2023.

"Kita sedang mentransisi PeduliLindungi menjadi satu sehat, akan kita launching mudah-mudahan 28 Februari," kata Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji, mengutip dari laman cnbcindonesia.com (27/02/2023).

Pembaruan PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile akan membuat aplikasi ini menjadi lebih luas lagi kegunaannya. Setiaji menjelaskan aplikasi dirancang tidak untuk Covid-19 saja, tapi seluruh penyakit juga akan ada di sana.

Salah satunya fiturnya, karena aplikasi saat ini sudah terhubung dengan wearable device, jadi pengguna bisa mendapatkan point saat berjalan kaki, poin tersebut bisa ditukar dengan vitamin dan lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dibuat untuk mengakses medical record atau riwayat kesehatan mulai dari hasil laboratorium, kardiologi, dan vaksin seperti polio.

"Ibu-ibu bisa akses vaksinnya, vaksin anak-anak, kan satu manfaat ya pada waktu nanti anaknya mau keluar negeri mau kuliah udah polio belum nah akan ada di dalam satu sehat aplikasi," kata dia.

Setiaji menjamin soal keamanan data aplikasi akan terlindungi di bawah Kementerian Kesehatan. Sebab mereka sudah melakukan persiapan seperti mendapat penilaian dari BSSN soal tata kelola. Kemenkes juga sedang melakukan ISO 27001 untuk memastikan secara infrastruktur aplikasi dan lain sebagainya aman.

Seperti diketahui, sudah 2 tahun lebih PeduliLindungi jadi andalan Pemerintah Indonesia dalam melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran COVID-19.

Diluncurkan April 2020, PeduliLindungi membantu pemerintah dalam menangani COVID-19, melalui fitur dan layanan kesehatan digital. Fitur-fitur di dalamnya terasuk checkin di ruang publik, sertifikasi vaksin COVID-19 untuk syarat perjalanan, hasil langsung tes antigen atau PCR, dan lainnya. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS