840 UMKM di Ambon Terima Bantuan Modal Usaha



AmbonBisnis.com, AMBON - Sebanyak 840 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Ambon menerima bantuan modal usaha sebagai upaya mendorong pengembangan usaha.


"Bantuan sebesar masing-masing Rp2 juta telah disalurkan ke rekening 840 penerima bantuan melalui Bank Maluku, Malut" kata Kepala dinas Koperasi dan UKM kota Ambon, Mintje Tupamahu dikutip dari Antara Ambon Jumat (10/11).

"Setelah melalui proses verifikasi dan sosialisasi maka pelaku UMKM menerima bantuan modal usaha yang merupakan dana hibah dari APBD Kota Ambon tahun 2023 senilai Rp1,68 miliar," katanya di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, tahapan penerimaan bantuan dimulai dengan mengajukan usulan penerima, mengirimkan data penerima selanjutnya proses verifikasi oleh petugas.

Tim verifikasi melakukan wawancara untuk memastikan data yang telah terhimpun sesuai dengan fakta di lapangan.

"Bantuan diberikan bagi pelaku usaha kecil yang baru merintis usaha, atau yang melanjutkan. Usaha yang terhenti karena keterbatasan modal sebagai upaya mendorong pengembangan usaha agar pelaku usaha mandiri dan berkembang," katanya

Ia menyatakan, apa yang dilakukan Pemkot melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon, merupakan upaya untuk memberikan ruang yang cukup kepada para pelaku Usaha mikro kecil dan menengah di kota ini.

Hal tersebut dikarenakan, selama masa pandemi COVID-19 yang dialami beberapa tahun kemarin menunjukkan betapa tangguh UMKM di masa itu.

"Karena itu fokus Pemkot adalah bagaimana kita memfasilitasi UMKM Supaya banyak masyarakat semakin banyak melakukan kegiatan berusaha guna menjaga situasi perekonomian daerah sekaligus menurunkan angka pengangguran," katanya.

Mintje berharap, bantuan modal usaha diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi kota ini terutama perekonomian sehingga pengangguran yang semakin berkurang.

Selain menerima bantuan pelaku usaha juga difasilitasi pengurusan Nomor Induk Berusaha secara gratis.

"Seluruh upaya yang dilakukan diharapkan dapat tumbuh kembangkan semangat berusaha para pelaku usaha, karena saat ini banyak usaha yang tumbuh tetapi tidak berlanjut karena berbagai alasan, salah satu karena kurangnya jiwa kewirausahaan," katanya. (AB001/ANT)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS