Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah di Mardika Ini Harganya



AmbonBisnis.com, AMBON - Sejumlah bahan kebutuhan pokok dijual murah saat operasi pasar yang digelar Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Ambon di Pasar Mardika Ambon.

Banyak warga berdatangan untuk membeli. Kepala Disperindag Kota Ambon, Josias Lopies mengatakan, operasi pasar ini sebagai bentuk kegiatan ini menekan angka inflasi untuk kebutuhan barang pokok.

"Operasi pasar ini dalam rangka menekan inflasi kebutuhan barang pokok," kata Lopies, Senin (20/11/2023) di lantai 2 Balai Walikota Ambon.

Sesuai rencana kata dia, Operasi Pasar ini berlangsung dua hari, sampai  Selasa (21/11/2023) besok. Namun arahan dari Pj Walikota Ambon Oprasi Pasar ini akan berlangsung satu minggu kedepan.

Sejumlah kebutuhan barang pokok dijual lebih murah dari harga pasaran pada umumnya. Seperti beras 5kg dijual Rp55 ribu, telur ayam per satu rak Rp50 ribu, dan gula pasir 1kg Rp12 ribu.

Kemudian bawang putih 1kg Rp30 ribu, bawang merah 1kg Rp20 ribu, dan harga cabai rawit perkilo Rp70 ribu.

"Dalam operasi pasar kali ini sebenarnya kita lebih fokus ke cabai rawit. Sebab harga cabai rawit di pasaran saat ini tembus Rp100 hingga 110 ribu per kilo",kata dia. 

Pihaknya berupaya menekan harga cabai dengan melakukan negosiasi dengan pedagang sehingga bisa turun dapat Rp95 ribu perkilo. "Kita subsidi Rp25 ribu sehingga dijual Rp70 ribu perkilo", tambah Lopies. 

Sedangkan, harga cabai kriting di pasaran saat ini masih standar pada harga Rp 35 Ribu sampai Rp.40 ribu. (ForData/AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS