Kata Timnas Australia Jelang Laga Vs Indonesia di Piala Asia



AmbonBisnis.com, JAKARTA - 

Pemain Tim Nasional (Timnas) Australia, Harry Souttar, menyebut bahwa melawan Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023 adalah tantangan baru yang tak boleh dianggap enteng oleh timnya.

Melansir dari Bein Sports, bek Timnas Australia itu menyebut bahwa babak 16 besar dan seterusnya di Piala Asia 2023 adalah hal krusial. Maka dari itu, seluruh pemain Timnas Australia tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun saat melawan Garuda pada Minggu (28/1/2024) mendatang.

"Jelas tidak ada ruang untuk melakukan kesalahan," tegas Souttar, Jumat (26/1/2023).

Souttar mengatakan, menghadapi Indonesia di fase gugur Piala Asia 2023 adalah pengalaman pertama kali bagi skuad Socceroos (julukan Timnas Australia) saat ini meskipun kedua timnas sudah pernah duel di lapangan hijau sebanyak 13 kali.

"Ini menarik. Sungguh. Sebagian besar anggota Timnas Australia yang ada saat ini belum pernah menghadapi Indonesia sebelumnya. Terakhir pada 2010 dan tidak ada satupun dari kami yang terlibat. Ini tantangan baru bagi kami," kata Souttar.

Dalam persiapannya, Souttar mengungkapkan bahwa Timnas Australia akan berlatih dengan keras, termasuk menyaksikan video bagaimana permainan anak-anak asuhan Shin Tae-yong selama berjuang di Qatar.

"Jelas kami punya beberapa waktu untuk mempersiapkan pertandingan ini. Dan saya yakin kami akan menonton klipnya dan berlatih dalam beberapa hari ke depan," ungkap pemain Leicester City itu.

Menurut pemain berusia 25 tahun itu, timnas asuhan Graham Arnold itu tidak boleh puas dengan catatan tim selama berjuang di fase grup. Ia mengatakan, permainan tim harus ditingkatkan.

Sebagai informasi, Australia lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup B dengan raihan tujuh poin, dua kali menang, dan satu kali seri dari total tiga pertandingan.

"Kami finis di puncak grup dengan tujuh poin, tapi itu sudah selesai sekarang. Kami bisa mengambil sisi positifnya dan belajar dari aspek-aspek tertentu dalam permainan kami yang mungkin perlu kami tingkatkan ke depan," kata Souttar.

"Ini sepak bola knockout dan kemenangan adalah suatu keharusan," tutupnya menegaskan.

Sebagai informasi, Tim Merah Putih akan akan menghadapi Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, pada Minggu (28/1/2024) mendatang. Indonesia sebagai peringkat ketiga terbaik akan menghadapi Australia yang keluar sebagai juara Grup B.

Indonesia selalu memiliki catatan buruk setiap bertemu Timnas Australia. Dari total 13 pertemuan, Indonesia baru menang dua kali melawan Socceroos. Sisanya adalah tiga imbang dan delapan kali kalah.

Secara produktivitas gol, Indonesia hanya mampu mencetak delapan gol. Angka ini sangat berbalik dengan Australia yang sudah menjebol gawang Indonesia sebanyak 23 kali.

Saat ini, Australia bertengger di peringkat ke-25 FIFA. Sementara itu, Indonesia jauh di bawah Australia, yakni 146. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS