Jelang Ramadhan, Balai Karantina Maluku Periksa 50 Ekor Kambing Tujuan Timika



AmbonBisnis.com, Kobisadar -  Total 50 ekor kambing kacang diperiksa oleh Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Maluku Satuan pelayanan Kobisadar sebelum diberangkat menggunakan mobil truck dari kobisadar menuju pelabuhan Bula, Minggu (25/02/2024). 

50 ekor kambing kacang tersebut telah mendapat tindakan pemeriksaan oleh pejabat karantina satpel Kobisadar untuk memastikan bahwa media pembawa tersebut bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) sebelum dilalulintaskan.

Setelah diperiksa, puluhan kambing kacang asal Kobisadar akhirnya berangkat menuju Timika. Pengiriman ini merupakan pengiriman perdana ke Timika sekaligus persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. 




"50 ekor kambing kacang telah dilakukan tindakan karantina hewan dan diperiksa kelengkapan dokumennya. Kami juga mengecek kondisi alat angkut dan ketersediaan pakan sebelum diberangkatkan menuju pelabuhan dikarenakan jarak yang lumayan jauh. Desinfeksi alat angkut tidak lupa dilakukan untuk menjaga keamanan media pembawa tersebut sampai ditempat tujuan," tutur Andri Maulana, selaku Kepala Satpel Kobisadar sekaligus dokter hewan yang bertugas. 

Di tempat terpisah Abdur Rohman, Kepala Karantina Maluku menyampaikan bahwa seluruh pejabat Karantina Maluku selalu siap menjadi garda terdepan dalam menjaga provinsi Maluku tetap bebas dari HPHK, HPIK, dan OPTK yang selalu mengancam sosio-ekonomi masyarakat. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS