Korlantas Polri Resmi Terbitkan SIM C1 untuk Kendaraan Roda Dua 250-500cc



AmbonBisnis.com, AMBON - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah resmi menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin 250-500cc. Salah satu syarat untuk memperoleh SIM C1 adalah pemohon harus memiliki SIM C biasa setidaknya selama satu tahun. 

"Syaratnya salah satunya adalah satu tahun memiliki SIM C. Nanti berikutnya, setahun yang akan datang kita akan launching SIM C2, ini untuk 500 cc ke atas," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, seperti dikutip dari situs Korlantas Polri pada Kamis (30/5/2024).

Penerbitan SIM C1 telah mulai berlaku di seluruh Indonesia, sesuai dengan amanat Peraturan Polri Nomor 5 Tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan SIM. Korlantas juga berencana memberlakukan SIM C2 pada tahun depan untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin di atas 500cc.

Dalam Peraturan Polri Nomor 5 Tahun 2021 Pasal 3 ayat 2h, dijelaskan bahwa 'SIM C1 berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik'.

"Ini sebenarnya amanat Perpol tahun 2021, baru kita realisasikan tiga tahun kemudian. Dengan ini sudah mulai diberlakukan di seluruh Satpas di seluruh Indonesia," ujar Irjen Pol Aan Suhanan.

Lebih lanjut, Aan menjelaskan bahwa penerbitan SIM C1 bertujuan untuk memastikan perbedaan kemampuan atau kompetensi pengendara sesuai dengan kapasitas kendaraan mereka. "Sekaligus juga kita memastikan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C, SIM C1, dan nanti ada SIM C2. Kalau sama-sama berarti bukan peningkatan kompetensi namanya," pungkasnya.

Di sisi lain, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Wirawati, mengaku belum mendapatkan informasi terbaru mengenai penerapan SIM C1 ini. "Kita harus minta update ke perhubungan darat, sesuatu yang baru biasanya masih ada pembahasan-pembahasan dalam implementasinya," kata Adita kepada CNBC Indonesia. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel