Calon Jemaah Haji Asal Maluku Mulai Berangkat pada 31 Mei 2024



AmbonBisnis.com, AMBON - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku mengumumkan bahwa calon jemaah haji asal Maluku akan mulai diberangkatkan pada Jumat, 31 Mei 2024. Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Djumadi Wali, menyampaikan bahwa keberangkatan akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kelompok terbang (kloter) yang telah diatur.

“Jadi untuk Maluku, berangkat pertama tanggal 31 Mei 2024,” kata Djumadi Wali. Ia menjelaskan bahwa terdapat tiga kloter yang dijadwalkan, yaitu kloter 27, kloter 30, dan kloter 32. "Kloter 27 masuk 30 Mei berangkat 31 Mei 2024, kloter 30 masuk tanggal 1 Juni dan berangkat 2 Juni, kloter 32 masuk 3 Juni dan berangkat 4 Juni," sebutnya.

Jumlah jemaah dalam masing-masing kloter adalah sebagai berikut:
- Kloter 27: 450 orang
- Kloter 30: 450 orang
- Kloter 32: 182 orang

“Karena kloter 32 sisa, jadi akan berangkat gabung dengan calon jamaah haji asal Sulawesi Selatan ke Saudi,” ujar Djumadi.

Jemaah calon haji asal Maluku yang berangkat tahun ini tidak akan diinapkan di Embarkasi Haji Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka hanya perlu menunggu tiga sampai empat jam untuk pindah pesawat menuju Arab Saudi. "Setelah calon haji diberangkatkan dari Ambon menuju Makassar, tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanudin cukup menunggu proses pemindahan bagasi untuk penerbangan ke Arab Saudi," jelas Djumadi.

Selama proses menunggu, panitia menyediakan konsumsi berupa makan dan kudapan. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya di mana calon haji harus menginap hingga dua hari di Embarkasi Makassar sebelum melanjutkan perjalanan. Maluku kini telah ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai Embarkasi Antara, sehingga jemaah tidak perlu menginap di Makassar.

Tahun ini, ada enam embarkasi haji Antara yang ditetapkan, dan Maluku adalah salah satunya. Djumadi berharap proses keberangkatan seperti ini bisa dipertahankan karena lebih memudahkan jemaah haji.

Pada tahun 2024, jumlah calon haji asal Maluku yang diberangkatkan berjumlah 1.077 orang, ditambah sembilan orang petugas haji yang terdiri atas tiga kloter: 27, 30, dan 32. Untuk proses keberangkatan penerbangan dari Ambon menuju Makassar, kloter 27 berangkat 31 Mei 2024, kloter 30 berangkat 2 Juni, dan kloter 32 berangkat 4 Juni 2024.

Sebelum berangkat, calon haji akan menempati Asrama Haji di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Djumadi juga mengingatkan agar jamaah haji selalu menjaga kesehatan agar bisa optimal selama menjalankan ibadah di tanah suci. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel