Universitas Terbuka Ambon Tidak Naikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT), Tetap Stabil dan Terjangkau




AmbonBisnis.com, AMBON - Dalam beberapa pekan terakhir, kabar mengenai kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di sejumlah perguruan tinggi negeri menjadi perhatian publik. Namun, Universitas Terbuka (UT) Ambon memastikan bahwa tidak ada kenaikan UKT di kampus mereka. Hal ini ditegaskan oleh Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori.

“Tidak ada kenaikan UKT di UT Ambon. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, uang kuliah di UT tetap stabil. Biaya kuliah di UT sangat terjangkau. Bahkan kami istilahkan, untuk biaya kuliah terendah di UT cukup menabung 7.500 rupiah per hari sudah bisa membayar uang kuliah untuk satu semester bagi mereka yang mengambil sistem paket semester (Sipas), dan itu sudah termasuk buku materi pokok atau biasa disebut modul,” jelas Yuli.

Yuli menambahkan bahwa pendidikan inklusif menjadi kepedulian utama UT untuk masyarakat Maluku. Biaya yang terjangkau tidak mengorbankan kualitas pendidikan, karena UT menerapkan standar mutu tinggi. Semua Program Studi, baik di jenjang Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral, terakreditasi BAN-PT dengan akreditasi A maupun B. Bahkan, empat Program Studi di UT sudah terakreditasi internasional, yaitu S1 Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Hukum.

Universitas Terbuka Ambon Tidak Naikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT), Tetap Stabil dan Terjangkau



“Soal biaya pasti terjangkau. Di UT juga untuk admisi atau pendaftaran awal hanya 100 ribu rupiah, tidak ada uang gedung, sumbangan pengembangan institusi, atau biaya lainnya. Tidak hanya itu, untuk program diploma dan sarjana tidak ada tes masuk. Yang penting punya ijazah SLTA sederajat termasuk Paket C bisa menjadi mahasiswa UT, dan tidak melihat tahun ijazah dari SLTA ataupun Paket C tersebut,” tambah Yuli.

Yuli juga menyampaikan bahwa saat ini UT Ambon membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2024/2025 Ganjil hingga tanggal 7 Agustus 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). Sementara jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) atau alih kredit pendaftaran hingga 10 Juli 2024.

Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas, seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

Informasi pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa dilihat di laman ambon.ut.ac.id atau melalui nomor layanan 081240791988. Pendaftaran secara online bisa melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, atau calon mahasiswa dapat datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel