Pelepasan 1.068 Calon Jamaah Haji Kloter 27 Provinsi Maluku oleh Penjabat Gubernur Maluku



AmbonBisnis.com, AMBON - Sebanyak 1.068 Calon Jamaah Haji (CJH) yang tergabung dalam kloter 27 Provinsi Maluku resmi dilepas oleh Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie., M.Si., dalam sebuah upacara yang berlangsung di aula Asrama Haji Waiheru Ambon pada Jumat (31/5/2024).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Maluku, Dr. H. Yamin, S.Ag., M.Pd., menjelaskan bahwa kuota haji untuk Provinsi Maluku tahun ini mengalami peningkatan menjadi 1.068 orang. Selain itu, jumlah petugas haji juga bertambah dari sebelumnya 3-5 orang menjadi 9 orang.

"Untuk Calon Jamaah Haji Maluku, yang tertua berusia 94 tahun, sementara yang termuda berusia 18 tahun," jelas Yamin. Dalam kesempatan tersebut, Yamin juga menyampaikan terima kasih kepada Penjabat Gubernur Maluku dan Mantan Gubernur Maluku, Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail.

"Mantan Gubernur Maluku, Pak Murad Ismail, sebelum berakhir masa jabatannya telah menandatangani berbagai dokumen terkait persiapan penyelenggaraan haji di Maluku," ungkap Yamin.

### Ukhuwah Islamiah dan Harapan Perjalanan Lancar

Dalam sambutannya, Sadali Ie berharap agar perjalanan para CJH ke Tanah Suci bisa berlangsung lancar dan aman. "Selamat menunaikan ibadah haji, semoga perjalanan dan ibadah haji bapak ibu berjalan aman dan lancar," ucap Pj. Gubernur.

Ia juga menekankan pentingnya membangun persaudaraan dan Ukhuwah Islamiah selama pelaksanaan ibadah haji. "Jalinlah komunikasi dan silaturahmi dengan sesama calon jemaah haji dari berbagai daerah, baik dari Indonesia maupun yang berasal dari negara lain," pesannya.

Sadali berharap perjalanan haji ini dapat menjadi momen untuk memperluas jaringan dan memperkaya pengalaman spiritual. Ia juga berpesan agar para CJH menjaga kesehatan mereka agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna.

"Karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian rukun haji," ingatnya.

Upacara pelepasan ini menjadi tanda dimulainya perjalanan spiritual bagi para CJH dari Provinsi Maluku, dengan harapan seluruh rangkaian ibadah haji dapat terlaksana dengan baik dan membawa berkah bagi semua yang berpartisipasi. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel