Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 69 Dibuka Hari Ini Jumat 31 Mei 2024



AmbonBisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 69 resmi dibuka mulai hari ini, Jumat (31/5/2024). Sebelumnya, Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 68 sudah bisa diakses pada 17 Mei 2024 lalu.

Informasi terkait pembukaan gelombang baru ini dapat dilihat melalui dasbor laman Prakerja serta akun media sosial resmi program tersebut. Program Kartu Prakerja yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan di Indonesia.

Peserta yang lolos akan mendapatkan berbagai manfaat, termasuk saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif biaya mencari kerja Rp 600 ribu, serta insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50 ribu untuk dua survei.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 69

1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18-64 tahun.
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
3. Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh yang terkena PHK, membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, atau pelaku usaha mikro dan kecil.
4. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN atau BUMD.
5. Penerima manfaat hanya bisa untuk dua NIK per satu Kartu Keluarga.

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 69

1. Akses www.prakerja.go.id atau langsung ke link yang tersedia.
2. Klik "Daftar Sekarang".
3. Masukkan alamat email aktif dan password.
4. Centang kotak "Saya menyetujui syarat dan ketentuan". Klik "Daftar".
5. Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan data yang diminta, termasuk tanggal lahir.
6. Isi data diri sesuai permintaan.
7. Unggah foto e-KTP.
8. Lakukan scan wajah.
9. Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti program ini.
10. Isi pelatihan yang diminati dan keterampilan.
11. Verifikasi nomor ponsel.
12. Jawab pertanyaan sesuai kondisi peserta.
13. Ikuti Tes Kemampuan Dasar.

Insentif Kartu Prakerja Gelombang 69

Peserta yang lolos program Kartu Prakerja Gelombang 69 akan mendapatkan insentif pelatihan sebesar Rp 3.500.000. Biaya tersebut hanya dapat digunakan untuk membeli kelas pelatihan dan tidak dapat dicairkan. Jika peserta tidak membeli pelatihan dalam waktu 15 hari sejak pengumuman lolos, akun Prakerja akan dinonaktifkan dan kepesertaan akan dicabut.

Selain insentif pelatihan, peserta juga akan menerima insentif pencarian kerja sebesar Rp 600.000 dan insentif survei evaluasi sebesar Rp 50.000 untuk dua kali survei. Kedua insentif ini dapat dicairkan ke rekening masing-masing peserta yang lolos program Kartu Prakerja Gelombang 69.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program ini, pastikan untuk memenuhi semua syarat dan segera mendaftar sebelum gelombang pendaftaran ditutup. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel