Harga Emas Logam Mulia Tembus Rekor Tertinggi di Tengah Gejolak Geopolitik



AmbonBisnis.com, AMBON - Pada Selasa (16/4/2024), harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung melonjak sebesar Rp6.000 menjadi mencapai Rp1.321.000 per gram. Posisi ini mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Begitu juga dengan harga buyback, yang digunakan ketika menjual emas kembali, berada di posisi Rp1.215.000 per gram.


Pergerakan harga emas ini dipicu oleh ketegangan geopolitik, yang mungkin terkait dengan pernyataan dari pasukan pertahanan Israel mengenai situasi yang akan terjadi. Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, mengindikasikan bahwa pernyataan tersebut memicu kenaikan harga emas. Hal ini terkait dengan peluncuran drone dan rudal berbahan peledak oleh Iran pada Sabtu (13/4/2024) malam, yang merupakan serangan pertama terhadap Israel oleh negara lain dalam lebih dari tiga dekade, sehingga memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.


Namun, terdapat pula faktor lain yang mempengaruhi pasar. Indeks Dolar AS (DXY) melonjak tinggi dalam empat perdagangan terakhir dan mencapai posisi 106,205 pada Senin (15/4/024), yang merupakan tertinggi sejak November 2023. Hal ini terjadi menyusul imbal hasil 10 tahun Treasury yang mencapai level tertinggi dalam lima bulan setelah data menunjukkan penjualan ritel AS meningkat lebih dari perkiraan pada bulan Maret. Data ini menjadi bukti lebih lanjut bahwa perekonomian AS telah mengakhiri kuartal pertama dengan solid.


Meskipun demikian, dalam jangka pendek, harga emas bisa turun menuju US$2.200 karena hilangnya premi geopolitik, menurut Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures. Namun, berdasarkan perangkat CME FedWatch, suku bunga acuan The Fed diperkirakan akan tetap dipertahankan di kisaran 5,25% - 5,5% hingga September 2024, mundur dari keyakinan sebelumnya pada bulan Juni. Hal ini juga dapat mempengaruhi pergerakan harga emas di masa mendatang. (AB001)


Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS