Pabrikan HP China Memperkasa Dominasi di Kuartal Pertama 2024




AmbonBisnis.com, AMBON - Pabrikan HP asal China semakin menunjukkan keperkasaannya sepanjang kuartal pertama 2024. Menurut laporan dari firma riset IDC, Xiaomi dan Transsion mencatat pertumbuhan yang signifikan pada awal tahun ini.

Transsion, yang merupakan induk dari merek-merek seperti Infinix, Tecno, dan Itel, menjadi pabrikan HP dengan pertumbuhan terbesar, mencapai 84,9% secara tahun-ke-tahun (yoy). "Transsion konsisten berada di jejeran 'Top 5' dengan pertumbuhan agresif di pasar global," kata Research Director IDC, Nabila Popal.

Performa bisnis Transsion mampu bersaing dengan pabrikan lama yang sudah dikenal seperti Samsung, Apple, Xiaomi, dan Oppo. Bahkan, Transsion berhasil menggantikan posisi Vivo yang biasanya juga berada di jejeran Top 5.

Secara keseluruhan, pasar HP di dunia tumbuh sebesar 7,8% yoy setelah dua tahun mengalami penurunan. Sebanyak 289,4 juta unit ponsel dikirimkan pada kuartal pertama 2024.

Meskipun demikian, IDC mencatat bahwa industri ini belum benar-benar pulih dari keterpurukan. Tantangan makroekonomi masih mengintai banyak negara. Namun, pertumbuhan pasar HP menunjukkan kembalinya minat masyarakat untuk membeli perangkat mobile.

Samsung berhasil mempertahankan posisi teratas dalam Top 5 dengan pangsa pasar sebesar 20,8% dan mengirimkan 60,1 juta unit ponsel. Meskipun berhasil menggeser posisi Apple, pertumbuhannya masih menunjukkan penurunan sebesar 0,7% yoy.

Apple, yang menghadapi berbagai tantangan terutama di China, mengalami penurunan signifikan sebesar 9,6% yoy dan menempati posisi kedua. Raksasa AS ini berhasil menjual 50,1 juta iPhone, turun dari 55,4 juta pada tahun sebelumnya. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS