Harga Laptop dan Komputer Kantor Berpotensi Naik, Pasokan SSD dan HDD Terbatas



AmbonBisnis.com, - Para konsumen dan pelaku bisnis teknologi harus bersiap menghadapi kenaikan harga laptop dan komputer kantor yang dipicu oleh kenaikan harga media penyimpanan solid state drive (SSD) dan hard disk drive (HDD). Laporan terbaru dari firma riset Trendforce menyatakan bahwa dua produsen utama media penyimpanan, yakni Western Digital Corporation (WDC) dan Seagate Technology, telah mengumumkan kenaikan harga untuk produk SSD dan HDD mereka.

Kenaikan harga ini dipicu oleh beberapa faktor, termasuk meningkatnya permintaan akan produk HDD berkapasitas tinggi yang didorong oleh perkembangan artificial intelligence (AI), serta penurunan produksi oleh produsen hard drive, yang menyebabkan ketersediaan HDD secara keseluruhan tidak dapat memenuhi permintaan.

Menurut surat resmi dari Seagate kepada mitra ritel mereka, pemulihan permintaan terus berlanjut di beberapa segmen bisnis, namun berkurangnya kapasitas produksi membatasi kemampuan mereka untuk memenuhi semua permintaan pelanggan, yang mengakibatkan waktu tunggu yang lebih lama. Selain itu, tekanan inflasi global yang berkelanjutan juga berdampak pada biaya produksi.

Seagate Technology telah mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan kenaikan harga untuk pesanan dan permintaan baru yang melebihi komitmen sebelumnya. Perusahaan juga mengantisipasi kendala pasokan yang sedang berlangsung, dan memperkirakan bahwa harga akan terus meningkat di kuartal berikutnya.

Sumber industri yang dikutip oleh TechNews juga memperkirakan kekurangan pasokan untuk produk HDD berkapasitas tinggi pada kuartal ini dan kemungkinan sepanjang tahun. Harga HDD diperkirakan akan terus meningkat pada kuartal kedua tahun ini, dengan perkiraan kenaikan sebesar 5% hingga 10%, menurut Trend Force.

Sebelumnya, WDC telah memberitahu pelanggan tentang kenaikan harga yang sedang berlangsung untuk produk NAND Flash dan hard drive, serta mengonfirmasi kekurangan pasokan HDD. Dalam pemberitahuan tersebut, perusahaan menyatakan bahwa permintaan yang lebih tinggi dari perkiraan di seluruh portofolio flash dan hard drive mereka telah menyebabkan kendala pasokan. Oleh karena itu, kenaikan harga akan terus diterapkan pada produk flash dan hard drive pada kuartal ini, dengan beberapa perubahan yang akan segera berlaku. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel